5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat di Shanghai (Dalam Waktu Singkat)

Source: Tedd


















Tiongkok adalalh salah satu negara yang menarik untuk dieksplorasi. Shanghai, merupakan salah satu kota di Tiongkok yang banyak menjadi jujugan wisatawan. Meskipun bukan merupakan ibukota, kota yang dialiri Sungai Huangpu ini ternyata merupakan kota terbesar di Tiongkok lho! Berikut ini adalah 5 hal yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Shanghai.

1. Naik kereta Magnetic Levitation (Maglev)

Source: Rob Faulkner


Ada banyak opsi dari dan menuju Pudong Airport. Kereta Magnetic Levitation merupakan salah satunya. Bila kereta metro biasa yang memerlukan waktu sekitar 1 jam menuju airport dari tengah kota, kereta maglev hanya memerlukan waktu 10 menit!. Cepat kan? Kalau saya tidak salah ingat, kecepatannya bisa mencapai 300 km/jam. Harga tiketnya memang mengharuskan Anda merogoh kocek sedikit lebih dalam, tapi pengalaman naik kereta maglev cukup mengesankan.

2. Berkunjung ke The Bund

Source: JOESPH


Belum ke Shanghai kalau belum ke The Bund. The Bund merupakan area tepian sungai Huangpu yang terletak tepat di tengah kota Shanghai. Di area The Bund, Anda dapat menikmati suasana Shanghai masa lampau, karena banyaknya bangunan-bangunan bernuansa Eropa. Konon katanya, daerah ini memang merupakan peninggalan di era pendudukan Eropa di Shanghai pada akhir tahun 1800an. Dari tepian sungai Huangpu ini, Anda juga dapat melihat banyak gedung-gedung pencakar langit di seberang sungai.

3. Yuyuan Garden

Sumber: Wikimedia

Yuyuan Garden merupakan sebuah taman dengan pemandangan kuil di atas sebuah kolam. Taman ini terletak di area Yuyuan Tourist Mart. Di sini, terdapat berbagai restoran dan toko-toko yang menjajakan berbagai rupa barang dan makanan. Terdapat juga berbagai bangunan menarik, khas Tiongkok di masa lampau yang masih terjaga baik. Kedai kopi Starbucks juga membuka gerainya di daerah ini, dalam bangunan yang berbentuk kuil. Unik yaaa.

4. Shopping? Miniso! Uniqlo, GU, and more....

Source: Wondereye

Cari oleh-oleh yang unik dari Tiongkok, tapi ga mau mahal? Miniso jawabannya. Di sini, Anda dapat menemukan banyak benda unik dengan harga relatif murah. Miniso ini konsepnya 11/12 dengan Daiso Jepang (namanya pun mirip-mirip haha). Hanya saja, range harga yang ditawarkan lebih beragam. Di sini, saya nemu case HP dengan harga sekitar 15yuan saja (Sekitar 30rb), yang tidak bisa saya temukan kalo di Indonesia, haha. Saya pun membeli beberapa aksesoris seperti kalung dan jepit rambut unik untuk beberapa rekan di kampung halaman. Di waktu singgah yang singkat di Shanghai, saya dapat menemukan alternatif oleh-oleh yang murah. Terima kasih Miniso! Haha. Tapi sekarang Miniso sudah melebarkan sayap ke ASEAN, termasuk ke Indonesia. Tapi teuteup, kayaknya Miniso di Tiongkok lebih maknyus. haha.

Apa lagi yaaa... Oh iya.... di Shanghai juga ada salah satu flagship store UNIQLO lho! di West Nanjing Road tepatnya. Ada sister brand nya juga di dalamnya seperti GU, dll. Di dalam storenya suka ada "kejutan", seperti beberapa waktu lalu ada patung Sullivan super gede, yang lucu buat foto-foto.

Hampir setiap sudut kota Shanghai ada toko. Mulai dari jalanan besar, hingga di jalan-jalan menuju stasiun metro di bawah tanah. Yang dijual pun macam-macam, mulai printilan macam stationary, baju, sampai batu giok (?). Yang jelas, harus siap-siap tahan diri ya... Kalau nggak, dompet bisa bolong, he he...

5. Coba Naik Taksi.... (bila beruntung)

Source: Skowalewski

Di Jakarta, selama gak hujan, rasa-rasanya mencari taksi cukup mudah ya. Tapi sepertinya tidak begitu di Shanghai. Mencari taksi di Shanghai, bisa dibilang cukup menantang. Entah kenapa, beberapa kali mencoba menyetop taksi di Shanghai, tapi taksi tidak bisa semudah itu didapat. Entah sudah diselak orang lain, atau adaaaa saja cobaannya. Jadi, ketika bisa masuk ke taksi, rasanya, legaaa.... Rasanya seperti sudah memenangkan sesuatu... Haha.

Tapi mungkin juga tidak selalu begitu :D.

Anda sudah pernah ke Shanghai?  Atau berniat ke sana? Ayo share di kolom komentar yaaa ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Saran Pengasuhan yang (Mungkin) Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya

[FAQ] Sastra Cina UI

Mengasuh Anak Lebih Mudah, Emang Bisa?