Saran Pengasuhan yang (Mungkin) Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya

Stop layar sama sekali
Stop paud online
Stop snack + manis manis
Stop susu formula
Stop suapin anak usia diatas 2 th
Jumlah mainan cuma se-usia anak
Ga calistung sebelum usia 5
Sekolah langsung TK B
Jalan kaki pagi sore
Dan lain lain (masih panjang list nya)

Adalah saran-saran pengasuhan balita, yang ga saya dapatkan di tempat lain. Ga umum? Iya. Berbeda? YUP. Tapi hal2 tersebut, ternyata cocok, setidaknya untuk saya.

Sengaja pilih gambar yang ga nyambung. Biar adem yes.

Ikut kelas BuSar (Ibu Yuhyina Maisura/Sarra Risman) adalah cara Allah untuk memudahkan kami dalam mengasuh anak. Saya hanya bisa berdoa, semoga Allah lembutkan hati dan cukupkan rizki kami, untuk dapat terus menimba ilmu dari BuSar.

Saran-saran beliau saya lakukan, tanpa banyak tanya. (Sebetulnya mau banyak tanya pun juga gapapa. Beliau pasti akan menjawab. Tapi saya mencoba praktik mikir sendiri untuk menyelesaikan masalah sehari-hari). Atau seringkali, pertanyaan-pertanyaan saya udah terwakilkan oleh member-member lain (masalah anak-anak dengan usia sebaya, ternyata mirip-mirip, hahaha).

Yang paling penting, sejauh ini, manfaatnya betul-betul terasa. Di banyak aspek dalam kehidupan saya, suami, dan anak-anak. 

Kenapa saya ga tanya alasan dari saran-saran Beliau? Saya tidak tahu. Mungkin feeling saya saja kalau sudah bertemu guru yang tepat. Dan seringkali, jawaban "kenapa", malah ketemu di tempat lain (ceramah agama, artikel dan konten-konten pengasuhan). 

Saran-saran beliau, berdasarkan Quran, Sunnah, ilmu pengetahuan, dan pengalaman bertahun-tahun membantu banyak orang tua mengatasi masalah pengasuhan anak. Cek post instagram Busar tentang "Saran".

Grupnya berbayar

Dulu waktu belum masuk grup (SPP nya masih sekitar 500rb/bulan), hal biaya ini yang jadi ganjalan. Relatif besar sekali untuk saya. Karenanya, saya hanya follow akun IG BuSar... Mengikuti saran2 yang beliau bagikan di tiap post dan story, sebisa saya.

Beberapa tahun kemudian, ketika udah ngerasa mentok dalam mengasuh dua anak dempet, saya beranikan diri minta suami untuk gabung grup Busar. Alhamdulillah suami setuju.

Ternyata setelah bergabung, nominal yang awalnya saya rasa begitu besar, jadi tidak terasa berat. Saking banyaknya manfaat yang kami rasakan. Berbagai kemudahan, yang ga bisa digantikan dengan nominal uang. Alhamdulillah... 

Beda ternyata ikuti cara beliau, sebelum dan setelah masuk grup. Lebih detail. Berasa gak sendirian. Berasa ada yang memandu. Semoga Allah selalu memberikan rahmat dan kebaikan untuk Busar sekeluarga :""")

Biaya per Juli 2023

Cek dulu, Sebelum Memutuskan Gabung

Jika Anda sudah menemukan cara/guru yang tepat dalam mengasuh anak, alhamdulillah, I'm so happy for you. Jika belum, semoga pengalaman saya tadi bisa ada manfaatnya. Tapiii, ingat, apa yang cocok buat saya, belum tentu cocok untuk Anda.

Juga sebaliknya.

Jika Anda tertarik, saya bagikan sekalian S&K grupnya.



S&K Grup per Agustus 2023

Perhatikan: Kalo anak pertama Anda usia 12 tahun ke atas, Anda tidak bisa masuk grup.

Kalau anak Anda adalah anak sambung, Busar mungkin tidak bisa membantu.

Kalo Anda ibu bekerja, grupnya mungkin jadi tidak efektif.

Saran saya, jika memang Anda jadi gabung ke grup Busar, lakukan semua saran beliau. Sebisa mungkin. Karena apa? Kalau cuma cherry picking, pilih yang mudah saja, output pengasuhannya bisa jadi tidak sesuai harapan :( 

Semoga Allah mudahkan semua urusan kita ya....

Comments

Popular posts from this blog

Mengasuh Anak Lebih Mudah, Emang Bisa?

[FAQ] Sastra Cina UI